Cara Mengatasi Masalah AC Honda CRV

masalah ac Honda CRV

Penyebab paling umum dari masalah ac Honda CRV adalah kompresor rusak. Kompresor adalah jantung dari sistem pendingin udara Anda, dan terdiri dari beberapa bagian yang bergerak yang bekerja sama untuk mengubah pendingin gas menjadi cairan. Ini bertanggung jawab untuk mendinginkan kendaraan. Dalam beberapa kasus, kompresor yang rusak tidak dapat diperbaiki; itu hanya perlu diganti. Berikut adalah beberapa tip untuk memecahkan masalah sistem pendingin udara CRV Anda.

Hal pertama yang harus diperiksa ketika mengalami masalah ac Honda CRV adalah evaporator. Debu dan kotoran dapat menumpuk di sirip-sirip evaporator. Hal ini dapat menyebabkan udara tidak mengalir melalui evaporator dengan baik. Hal ini menyebabkan udara menjadi hangat bukannya dingin. Jika Anda melihat udara berombak datang dari ventilasi, Anda mungkin memiliki evaporator yang kotor. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu membersihkan evaporator. Untuk melakukan ini, lepaskan dasbor dan periksa evaporator untuk kotoran dan debu.

Masalah AC Honda CRV

masalah ac Honda CRV

Pendingin bocor adalah alasan umum untuk kerusakan AC. Kompresor yang rusak dapat menyebabkan lingkungan yang lebih hangat di kompartemen penumpang dan bahkan dapat menyebabkan kebocoran cairan. Penyebab utama AC Honda CRV gagal berikutnya adalah kompresor yang kotor. Jika kompresor rusak, itu juga dapat menyebabkan sistem AC tidak berfungsi. Kondensor yang rusak dapat menyebabkan kegagalan fungsi AC.

Jika Anda mendengar suara gerinda saat membalikkan mobil, Anda mungkin mengalami masalah pada ac. Dalam kebanyakan kasus, masalah ini disebabkan oleh kompresor a/c. Kompresor adalah bagian penting dari sistem pendingin kendaraan dan harus segera diperbaiki. Penting untuk mengawasi motor dan kopling untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Dalam banyak kasus, AC yang rusak dapat menyebabkan suhu terlalu panas untuk Anda berkendara dengan nyaman.

Masalah umum lainnya pada ac Honda CRV adalah aktuator pintu campuran yang salah. Jika aktuator rusak, dapat menyebabkan bunyi klik di bawah dasbor. Dalam kasus seperti itu, yang terbaik adalah mengganti bagian tersebut. Jika tidak, kompresor mungkin perlu diganti. Ini adalah salah satu masalah paling umum dengan sistem pendingin udara. Jika Anda menemukan kompresor bocor, hubungi pabrikan service ac mobil Anda.

Jika Anda melihat aliran udara yang lemah, mungkin ada beberapa alasan untuk ini. Segel dikompromikan. Jamur telah menumpuk di atasnya. Kipas ventilasi mungkin rusak. Jika sistem ac Anda memiliki aliran udara yang buruk, sekarang saatnya untuk menggantinya. Filter udara bocor juga merupakan penyebab umum. Kopling kompresor atau kipas ventilasi yang tidak berfungsi adalah penyebab paling umum dari masalah ini.

Jika aliran udara di CRV Anda lemah atau tidak memiliki udara dingin, Anda mungkin mengalami kerusakan segel atau penumpukan jamur. Kondensor yang rusak juga dapat menyebabkan kinerja pendinginan yang buruk. Jika Anda menduga bahwa pendingin udara Anda bocor, Anda harus memeriksa kebocoran atau sekring yang putus. Untuk mengetahui apakah CRV Anda mengalami masalah dengan kondensor, lepaskan bumper depan terlebih dahulu.

Jika bau tersebut disebabkan oleh kondensor yang kotor, coba bersihkan. Anda dapat melepas bemper depan untuk menjangkaunya. Power washer dapat digunakan untuk membersihkan kondensor. Gunakan pengaturan tekanan rendah untuk pembersih untuk mencegah kerusakan pada sirip halus kondensor. Menjaganya tetap bersih akan membantu memastikan aliran udara terbaik di kendaraan Anda. Jika tidak kotor, refrigeran akan bocor, mempengaruhi kinerja pendinginannya.

Cara terbaik untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan membersihkan kondensor. Ini adalah prosedur sederhana, tetapi bisa berbahaya jika Anda tidak tahu cara membersihkan kondensor. Namun, penting untuk dicatat bahwa kompresor AC merupakan bagian integral dari kendaraan dan perlu dibersihkan dengan benar agar tidak rusak. Apalagi Honda CRV memiliki banyak komponen, antara lain ac dan heater.